14 Makanan Sehat untuk Penderita Jantung

(Ilustrasi)
(Ilustrasi)

PRODUK buah dan sayuran segar merupakan makanan pokok untuk jantung yang sehat, karena mereka membantu menghapus radikal bebas dalam aliran darah serta dapat melindungi pembuluh darah. Begitu juga dengan biji-bijian, kacang-kacangan, ikan dan teh, sama pentingnya untuk melindungi jantung dengan fitonutrien kompleks.

Jantung yang sehat tidak bisa didapat dengan hanya mengkonsumsi satu jenis makanan saja, kita perlu mengkonsumsi beragam jenis makanan yang mengandung aneka nutrisi yang berbeda.

Makanan yang tercantum di bawah ini adalah yang terbaik untuk melindungi jantung dan pembuluh darah.

1. Yoghurt
Peneliti menunjukkan yoghurt dapat melindungi penyakit gusi. Jika dibiarkan, penyakit gusi bisa meningkatakan resiko seseorang terkena penyakit jantung.

2. Kismis
Antioksidan dalam kismis memerangi tumbuhnya jenis bakteri yang dapat menyebabkan peradangan dan penyakit gusi.

3. Biji-bijian
Biji-bijian mengandung antioksidan, fitoestrogen dan pitosterol yang protektif terhadap penyakit jantung koroner. Serat larut pada biji-bijian juga dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL).

4. Kacang HIjau
Selain untuk menurunkan kadar kolesterol jahat, kacang hijau juga mengandung flavonoid yang bekerja untuk menghambat adhesi trombosit dalam darah, sehingga dapat menurunkan resiko serangan jantung dan stroke.

5. Ikan Salmon
Ikan salmon dan tuna mengandung asam lemak omega 3 yang baik untuk menurunkan tekanan darah dan dapat membantu mencegah irama jantung yang tidak teratur (aritmia).

6. Kacang
Kacang-kacangan banyak mengandung vitamin, mineral, lemak tak jenuh tunggal yang menyehatkan jantung dan rendah lemak jenuh.

7. Coklat Hitam
Para peneliti menemukan bahwa coklat kaya akan flavanol yang memiliki efek pengencer darah, bermanfaat bagi kesehatan jantung, serta meingkatkan sistem kekebalan tubuh dengan mengurangi peradangan.

8. Tomat
Merupakan buah yang kaya akan vitamin C, vitamin A, kalium dan serat. Tomat juga mengandung lycopene, yang akan bekerjasama dengan vitamin dan mineral lainnya untuk membantu pencegahan dan pengobatan penyakit jantung.

9. Apel
Flavonoid yang terkandung didalam apel seperti kuersetin, epikatekin, epigalokatehin, dan kaempferol memiliki peran kunci untuk mencegah oksidasi kolesterol jahat (LDL), mencegah pertumbuhan plak dalam arteri, dan menghabat peradangan.

10. Aneka Buah Beri
Aneka buah beri seperti stroberi, blueberry, acai berry, bilberry, raspberry, dan aneka buah beri lainnya mampu meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan tekanan darah.

11. Delima merah
Senyawa antosianin yang terkandung di dalam delima merah dapat membantu mengurangi penumpukan plak di arteri dan menurunkan tekanan darah.

12. Pisang
Di dalamnya mengandung kalium yang membantu menjaga fungsi jantung dan keseimbangan natrium serta air dalam tubuh. Kalium membantu ginjal mengekskresikan kelebihan natrium, sehingga berkontribusi untuk tekanan darah yang sehat.

13. Popcorn
Mengandung polifenol yang dapat meningkatkan kesehatan jantung.

14. Teh hijau
Para ilmuan menemukan bahwa mereka yang minum teh hijau setiap hari memiliki kesehatan jantung yang sangat baik.

Satu tanggapan untuk “14 Makanan Sehat untuk Penderita Jantung

  • 27/02/2018 pada 14:37
    Permalink

    Terimkasih infonya,,, semoga bisa membantu mengurangi resiko penyakit jantung,,

    inysa allah saya akan rutin mengkonsumsi buah – buhan tersbut, dan bisa membantu menyembuhkan penyakit ini..

    terikasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *