Gubernur Zaini: Darah Pendonor Nyawa Penerima

dr H Zaini Abdullah Gubernur Aceh
dr H Zaini Abdullah
Gubernur Aceh

MENDONORKAN darah bukan hanya sebagai bukti dari sebuah tindakan kemanusiaan, akan tetapi juga sangat bermanfaat bagi kesehatan dan hidup sehat.

Dalam kaitan itu Gubernur Aceh, dr H Zaini Abdullah mengajak masyarakat Aceh agar gemar mendonasikan darahnya, sebagai wujud kepedulian sosial antarsesama. “Donor darah tak hanya bermanfaat bagi sang penerima (resipien) semata. Sang pendonor pun mendapat manfaat yang luar biasa dari melakukan donor darah secara rutin,” ujar Zaini Abdullah.

Menurut pria yang kerap disapa Doto Zaini ini, banyak sekali manfaat yang didapat dengan menjadi pendonor. Anatar lain, mendapatkan kesehatan psikologis, mengurangi risiko sakit jantung, meningkatkan produksi sel darah merah, dapat menurunkan berat badan dan lain sebagainya.
Gubenur juga berpendapat bahwa aktivitas donor darah merupakan kegiatan positif nan mulia. Karena donor darah membantu mereka yang membutuhkan darah dan dilakukan secara tanpa pamrih. “Bagi penerima tentu saja dia bisa tertolong, akibat kondisi tertentu yang memaksanya mendapat transfusi darah,” tukas Pak Gubernur.

Transfusi darah semacam ini, bisa dilakukan pada beberapa kasus, misalnya korban kecelakaan, pasien penderita demam berdarah, pasien penderita penyakit tertentu yang harus menjalani operasi besar dan lain sebagainya.

Donor darah tak hanya bermanfaat bagi sang penerima (resipien) semata. Sang pendonor pun mendapat manfaat yang luar biasa dari melakukan donor darah secara rutin.

dr. H. Zaini Abdullah
Gubernur Aceh

Donor darah, kata Gubernur, akan sangat membantu menyelamatkan nyawa orang lain yang membutuhkan donor, terlebih yang sedang emergency serta membutuhkan operasi mendadak.

Sangat penting untuk beramal dan beribadah, dalam menambah pahala dunia dan akhirat. “Secara berkala, tubuh kita akan memperbaharui sel-sel darah di dalamnya, jadi konsistensi melakukan donor darah harus tetap dipertahankan, mengingat tubuh akan selalu merasakan manfaatnya,” jelas Zaini Abdullah, sembari mengharapkan pihak RSUD dr Zainoel Abidin Banda Aceh yang sudah memiliki Bank Darah, dapat memperkuat sosialisasi dan memberikan informasi terkait tata cara mendonasi dan manfaat mendonor darah.

lh05-02Gubernur juga memberikan apresiasi kepada PMI, atas kiprahnya selama ini yang telah berkontribusi besar untuk tersosialisasinya budaya donor darah. Serta menjadi lembaga yang berada di garda depan untuk ketersediaan darah di Aceh.

Pemerintah Aceh juga mengapresiasi dan mendukung langkah Perhimpunan Dokter Transfusi Darah Indonesia (PDTDI), yang baru-baru ini menggelar seminar tentang pelayanan darah di Aceh. Harapan Gubernur, kegiatan ilmiah tersebut mampu memberi pencerahan dan meningkatkan wawasan para petugas medis Aceh, khususnya dalam penanganan pasien dan transfusi darah.

Ya, donor darah tak hanya membantu menyelamatkan nyawa seseorang, namun juga membantu tubuh kita tetap sehat.

Setiap tetes darah yang kita sumbangkan sangat berarti bagi mereka yang membutuhkan.

Jadi, jangan pernah merasa dirugikan jika seseorang meminta Anda menyumbangkan darah untuk membantu sesama, terutama keluarga.(rd)