Rubrik Tanya Jawab RSUDZA – Edisi 5/Tahun I/2016

Empat Hari di IGD, Belum Ada Kamar

Pertanyaan:

Adik baru-baru ini saya dirawat di IGD RSUDZA sudah 4 hari, tapi belum juga dipindah ke ruangan rawat inap pasien, sementara orang yang di samping kami, baru sehari masuk IGD sudah langsung dapat kamar, bagaimana pelayanan rumah sakit kok kayak gini? Mohon penjelasannya dari pihak RSUDZA.

Terima kasih.

Maulizi
Alue Bilie, Kecamatan Darul Makmur, Nagan Raya

Jawaban:

Memang, ada beberapa penjelasan terhadap kasus seperti itu diantaranya dan yang paling sering terjadi adalah:

  1. Ruangan (bed rawat inap) yang diperuntukkan kepada pasien dengan diagnosa penyakitnya belum ada yang kosong, sehingga harus menunggu, sedangkan pasien yang satu lagi tentunya dengan diagnosa berbeda sudah ada ruangan/kamar kosong.
  2. Kondisi pasien (tanda vital pasien ) belum stabil, sehingga belum memungkinkan untuk dipindah ke ruangan rawat inap, kondisi ini yang menentukan adalah dokter penanggungjawab pasien.
  3. Pada kasus tertentu, ada juga kondisi dimana peralatan medis yang dibutuhkan si pasien tidak mencukupi di ruang rawat inap, misalnya monitor dan syringe pump.
  4. Dalam kondisi normal, untuk masuk ke ruangan rawat inap harus sesuai dengan urutan tunggu pasien, dimana yang berwenang mendistribusikan pasien adalah unit Admission Center.

Demikian beberapa jawaban dan penjelasan atas keluhan pasien yang sering terjadi di IGD RSUDZA, semoga dapat memberikan gambaran maupun penjelasan kepada masyarakat Aceh pada umumnya yang berobat di RSUDZA Banda Aceh.

Tertanda
Manajemen RSUDZA