Memudahkan Pasien Mengatur Jadwal Berobat

PEMERINTAH Aceh Periode 2017-2022 di bawah pimpinan Gubernur Irwandi Yusuf dan Wakil Gubernur Nova Iriansyah akan terus memberi perhatian khusus bagi peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat di daerah ini. Hal itu telah tercantum dalam Program Aceh Seujahtera dengan Jaminan Kesehatan Aceh (JKA) Plus sebagaimana tertuang di dalam draf Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Aceh yang sedang disusun.

Adapun perbaikan pelayanan yang dimaksud tidak sekedar melengkapi fasilitas rumah sakit, pembangunan fisik, atau meningkatkan kapasitas tim medis, tapi juga melakukan berbagai terobosan untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan akses pelayanan terbaik nan prima “Alhamdulillah, pada saat ini salah satu upaya untuk menghadirkan inovasi ini telah terwujud dengan memanfatkan teknologi informasi untuk memudahkan pasien melakukan registrasi,” ujar Wakil Gubernur (Wagub) Aceh, Ir. Nova Iriansyah MT.

Hal itu disampaikan Wagub saat melakukan launching fasilitas registrasi online berobat pasien di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin (RSUDZA) Banda Aceh, pada Selasa, 31 Oktober 2017 Turut hadir pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Aceh, dr. Hanif, Direktur RSUDZA, dr. Facrul Jamal Sp.AN,KIC, Wakil Direktur Pelayanan Medis, dr. Azharuddin, Wakil Direktur Penunjang, dr.

Nurnikmah M.Kes, dan sejumlah Kepala SKPA.

Menurut Wagub, bagi masyarakat untuk melakukan registrasi online saat mau berobat di RSUDZA sangat mudah.

“Caranya sangat mudah.

Pasien dapat melakukan registrasi secara online dengan mengisi data di formulir yang tercatat di layar komputer. Data itu secara otomatis terhubung ke setiap sistem pelayanan sehingga memudahkan Rumah Sakit menentukan jadwal pemberian pelayanan,” katanya.

Dengan hadirnya sistem online ini, lanjut orang nomor dua di Aceh itu, para pasien semakin mudah melakukan pendaftaran tanpa harus datang ke rumah sakit, sehingga tidak perlu antri lama di depan loket pendaftaran. Sistem pendaftaran online ini kita sebut sebagai sistem pendaftaran mandiri.

Dengan sistem ini, pihak rumah sakit juga semakin mudah memeriksa rekam jejak kesehatan pasien, jika ia merupakan pasien lama. Yang lebih menarik lagi, tentu proses pendaftaran online ini dapat dilakukan melalui handphone setelah terlebih dahulu mendownload aplikasinya melalui play store.

“Secara teknis, nanti akan ada penjelasan dan sosialisasi dari pihak manajemen RSUD dr.

Zainoel Abidin. Saya hanya menegaskan bahwa sistem ini akan memudahkan pasien untuk mengatur jadwal pemeriksaan kesehatan,” terangnya.

Dengan terobosan baru ini pula, terang Nova, pelayanan yang diberikan akan lebih cepat, lebih efisien dan lebih akurat.

Sistem pendaftaran pasien secara online ini merupakan bagian dari kebijakan Pemerintah Aceh dalam menerapkan teknologi informasi untuk meningkatkan kualitas layanan publik.

“Sebagaimana yang pernah kami rencanakan melalui Program Sistem Informasi Aceh Terpadu (SIAT), nantinya teknologi informasi ini akan kita terapkan di berbagai sektor, sehingga publik dapat mengakses informasi Pemerintahan dengan lebih cepat, lebih mudah dan lebih transparan,” katanya.

Demikian juga dengan kehadiran sistem registrasi online berobat di RSUDZA ini, yang merupakan terobosan baru yang pantas kita banggakan, apalagi yang merancang aplikasi ini adalah Tim IT dari rumah sakit RSUD dr. Zainoel Abidin sendiri.

Bersamaan dengan kehadiran sistem ini, pelayanan juga harus lebih ditingkatkan. Pelayanan kepada pasien harus diberikan secara adil, dengan senantiasa berpegang pada prinsip kesetaraan tanpa memandang status maupun jenis jaminan kesehatan yang digunakan.

Di sisi lain, tingkat kehati-hatian dalam melakukan pemeriksaan juga sangat dibutuhkan, sehingga pelayanan yang diberikan benarbenar akurat dan dapat membantu meringankan beban pasien.

“Atas nama Pemerintah Aceh, saya mengucapkan selamat kepada Direktur dan Tim Manajemen RSUD dr. Zainoel Abidin yang telah menggagas lahirnya terobosan baru ini. Semoga sukses dan dapat ditingkatkan lagi di masa-masa mendatang.

Akhirnya dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, sistem registrasi online RSUD Dr. Zainoel Abidin, Banda Aceh, dengan ini resmi saya nyatakan beroperasi,” ucap Wagub Nova Iriansyah. (ms)