Poliklinik Eksekutif, Layanan Prima di RSUD dr Zainoel Abidin

Gubernur Aceh dr H Zaini Abdullah menandatangani prasasti peresmian Klinik Eksekutif dan, renovasi Masjid RSUDZA Banda Aceh, disaksikan Wali Nanggroe dan Direktur RSUDZA.
Gubernur Aceh dr H Zaini Abdullah menandatangani prasasti peresmian Klinik Eksekutif dan, renovasi Masjid RSUDZA Banda Aceh, disaksikan Wali Nanggroe dan Direktur RSUDZA.

SEBUAH konsep layanan profesional untuk mencover kelompok lintas profesi di luar layanan reguler diluncurkan oleh manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Zainoel Abidin (ZA) yang merupakan Rumah Sakit rujukan utama di Provinsi Aceh. Kebijakan itu juga untuk memenuhi berbagai tuntutan masyarakat menginginkan layanan maksimal dan prima. Konsep itu diwujudkan dalam bentuk pelayanan yang dikukuhkan sebagai Layanan Eksekutif.

Kebijakan membuka unit layanan eksekutif, antara lain karena Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin memiliki sumber sumber daya medis yang handal dan profesional, meliputi dokter spesialis dan sub spesialis untuk berbagai cabang ilmu kedokteran.

Personil medis handal itu juga setiap tahunnya mengikuti berbagai workshop dan pelatihan, baik nasional maupun Internasional. Sebagai bagian untuk meningkatkan kemampuan atau skill mereka dalam memberikan pelayanan Paripurna kepada masyarakat Aceh.

Menteri Kesehatan RI telah menerbitkan peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) No. 11 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Rawat Jalan Eksekutif di Rumah Sakit. Layanan Eksekutif itu bisa diakses peserta umum dan peserta non Penerima Bantuan Iuran (PBI).

Berdasarkan Permenkes tersebut, pelayanan Rawat Jalan Eksekutif adalah pemberian pelayanan kesehatan rawat jalan nonreguler di rumah sakit yang diselenggarakan melalui pelayanan dokter spesialis dan sub spesialis dalam satu fasilitas ruangan khusus di rumah sakit. Khususnya Rumah sakit umum dr. Zainoel Abidin membuka layanan eksekutif untuk masyarakat Aceh.

Poliklinik eksekutif memberikan pelayanan satu atap. Setelah pasien mendaftarkan diri, kemudian perawat mengatur pemeriksaan dokter, para dokter spesialis melakukan langsung pemeriksaan di poliklinik eksekutif. Selain itu pemeriksaan penunjang langsung dilakukan di hari yang sama. Secara profesional, perawat membimbing/mengantarkan pasien tersebut sampai selesai proses pemeriksaan.

Gubernur Aceh dr H Zaini Abdullah dan Wali Nanggroe Malik Mahmud Al Haytar berbincang dengan Direktur RSUDZA, seusai peresmian Klinik Eksekutif.
Gubernur Aceh dr H Zaini Abdullah dan Wali Nanggroe Malik Mahmud Al Haytar berbincang dengan Direktur RSUDZA, seusai peresmian Klinik Eksekutif.

Fasilitas Penunjang yang Modern dan Mutakhir
Selain didukung oleh tenaga medis dan paramedis yang handal, Poliklinik Eksekutif RSUD dr. zainoel Abidin juga dilengkapi dengan fasilitas penunjang baik Medis maupun non Medis yang mutakhir/modern dengan standar Internasional.

Hal itu antara lain mencakup, MRI3-Tesla, CT-Scanner, Kateterisasi Jantung, Endoskopi, Haemodialisa, USG4D, USG3D, ESWL (Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy), Peralatan Laboratorium, Bronchoscopi, TEF (Trans Osofagus Echo Cardiografi), TTE (Trans Thoracic Echocardiogram), EMG (Elekctromyography), EEG (Elektroensephalography), TCD, Treadmill, Endovascular Intervention, Percutaneus Coronary Intervention , Hybrid Cardiac Operating Suite (Bedah Jantung Dewasa, Bedah Jantung Anak).

Selain Poliklinik eksekutif, RSUDZA Banda Aceh juga memberikan layanan rawat inap eksekutif berupa ruang rawat inap VIP, rawat NICU.

Layanan eksekutif itu dioperasikan setiap hari kerja Senin s/ d Jumat, mulai pukul 08.00 s.d 18.00 WIB. Layanan eksekutif rawat jalan (poliklinik) meliputi:
Poliklinik Bedah (bedah umum, bedah anak, bedah urologi, bedah ortopedi, bedah saraf, bedah plastik, bedah onkologi.

  • Poliklinik Penyakit Dalam
  • Poliklinik Obgyn
  • Poliklinik Anak
  • Poliklinik Saraf
  • Poliklinik Jantung
  • Poliklinik THT
  • Poliklinik Kulit dan Kelamin
  • Poliklinik Paru
  • Poliklinik Mata
  • Poliklinik Rehabilitasi Medik

Teknik Pendaftaran
Bagi Anda atau siapa saja yang berkeinginan untuk memanfaatkan layanan eksekutif, calon pasien dapat mendaftar langsung di loket pendaftaran atau menghubungi 0812-6531-0005 untuk membuat janji terlebih dahulu.

Dengan adanya layanan eksekutif diharapkan masyarakat mendapatkan pelayanan pengobatan lebih cepat dan menyenangkan, dan tentu saja tepat sesuai dengan harapan masyarakat. (rd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *