Hampir Semua Bedah Anak Dapat Ditangani

SELAIN hisprung, hernia pada anak juga sering ditemukan. Hernia pada anak tentu berbeda dengan pada orang dewasa, karena pada anak adalah bawaan sejak lahir, bukan faktor didapat karena sering angkat beban, batuk lama dan sesak nafas. Hernia pada anak, kata dokter bedah anak di RSUDZA, dr. Munthadar Sp.B, Sp.BA, sebagian sudah terbentuk sejak dalam kandungan, akibat akanalis inginalus yang tidak menutup dengan sempurna.

Penanganan hernia bagi anak di bawah 20 tahu, tidak pasang jaring, namun dipisahkan saluran herniotomi saja. Sementara pada pada orang dewasa tindakan bedah yang disebut herniatomi. Memotong kantung hernia dan mengingatnya sehingga celah yang memungkinkan terjadinya hernia ditutup. “Kasus bedah hernia pada anak lumayan banyak juga yang ditangani. Semua kasus itu dapat ditangani juga ditangani di RSUDZA,”” kata dia.

Selain itu juga kasus atresia, seperti atresia duodenum dan atresia ileum. Selain itu juga ada kasus sulit seperti atresia bilier yaitu penyumbatan saluran empedu. Sekarang ada beberapa kasus atresia bilier yang dikirim ke Jakarta untuk transplantasi. Namun di RSUDZA Banda Aceh juga sudah dapat ditangani, namun baru pada prosedur kasai dengan melakukan bedah untuk memperbaiki sistem empedu agar empedu dapat mengalir dengan normal. Belum pada tahapan transplantasi.

“Kita bisa operasi tapi belum ke transplantasi. Kasai sudah hampir 20 kasus kita lakukan. Tetap endingnya transpantasi,”” terang Dr. Muntadhar M Isa SpB, SPBA yang bertugas di Divisi Bedah Anak RSUDZA Banda Aceh Ia menambahkan, hampir semua kasus bedah anak dapat ditangani di RSUDZA, termasuk tumor. Selama selama 2012 -2017 ada 53 kasus ditangani, dimana 22 diantaranya adalah tumor wilms atau kanker ginjal. Teratoma 20 kasus, limfoma (kanker kelenjar getah bening) ada 9 kasus, dan hepatoblastoma (kanker hati) ada dua kasus. Hasil penelitian dilakukan residen di RSUDZA, tumor anak itu usia 0- 5 tahun ada 28 kasus, usia 6-11 ada 15 kasus dan usia 12-18 ada 10.“Banyak yang kita dapat di bawah usia 15 tahun,”demikian ujarnya. (sl)