SEBAGAI daerah yang berpredikat otonomi khusus, Aceh memperoleh sejumlah keistimewaan sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2006 tentang Pemerintahan Aceh. Salah satunya adalah di sektor kesehatan. Merujuk kebijakan tersebut, maka lahir Qanun Nomor 4 tahun 2010 tentang Kesehatan yang selanjutnya menjadi pijakan Pemerintah Aceh dalam menerapkan Program Jaminan Kesehatan Rakyat Aceh (JKRA). Rata-rata setiap […]

Read more

SEJAK diberlakukannya program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), peran Puskesmas, klinik, dan dokter menjadi lebih optimal dalam melayani masyarakat. Dengan adanya sistem rujukan berjenjang, kini masyarakat juga tak perlu buru-buru ke Rumah Sakit Umum Daerah dr Zainoel Abidin Banda Aceh untuk berobat. Cukup datangi Puskesmas, klinik, RS umum daerah atau rumah sakit regional yang ditunjuk BPJS […]

Read more

PERSIAPAN administrasi merupakan hal yang lumrah dalam setiap kegiatan. Tanpa adanya data yang lengkap akan berdampak terhadap proses tindakan yang akan dilakukan oleh setiap bidang. Ketersediaan administrasi yang cukup juga berlaku di Rumah Sakit Umum Daerah dr Zainoel Abidin (RSUDZA) Provinsi Aceh, di mana setiap pasien yang akan berobat diwajibkan menyiapkan surat rujukan dan tentunya […]

Read more

BERBAGAI terobosan untuk terwujudnya pelayanan maksimal, terus dilakukan oleh manajemen RSUDZA Banda Aceh. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan teknologi informasi untuk pelayanan terinte-grasi secara digital. Penerapan teknologi informasi kini menjadi pilihan utama untuk mendukung pelayanan prima kepada seluruh pasien yang berobat pada berbagai unit di RSUDZA milik Pemerintah Aceh yakni Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin, […]

Read more

ADALAH sebuah ketentuan medis universal jika dalam pelaksanaan pemberian pelayanan kesehatan, rumah sakit harus mengedepankan bantuan pelayanan medis, terhadap setiasp pasien kedaruratan. Termasuk tentunya menyelamatkan nyawa korban kecelakaan lalulintas, tanpa harus melihat siapa yang menjamin pembiayaan pasien tersebut. Namun persoalan sering muncul dalam proses penagihan klaim ke pihak penjamin, terutama menyangkut kelengkapan dokumen penagihan. Yang […]

Read more

AGAR tidak memberatkan para pemakai jasa kesehatan di instalasi layanan kesehatan pemerintah, bagi masyarakat yang belum aktif kepesertaan JKRA, diimbau untuk pro aktif melapor pada kantor BPJS kesehatan terdekat. Selain itu kepada pasien yang berobat ke rumah sakit juga harus melengkapi surat rujukan dan kartu kepesertaannya. Saat ini dalam pelaksanaan pelayanan kesehatan terutama sistem rujukan […]

Read more

UNTUK kemudahan calon pasien yang berobat ke rumah sakit, BPJS Kesehatan menerapkan prosedur baku bagi pelayanan kesehatan JKN BPJS Kesehatan di rumah sakit sebagai berikut: Pelayanan Rawat Jalan (Poliklinik) RJTL Pasien yang akan berobat ke rawat jalan harus memenuhi syarat prosedur yang ditetapkan oleh BPJS Kesehatan, berikut langkah-langkahnya: Pasien harus berobat ke Fasilitas Kesehatan Tingkat […]

Read more

KUALITAS layanan kesehatan yang baik, prima, dan profesional adalah impian kita semua. Untuk menjawab tuntutan itu, pembenahan secara komprehensif terkait pelayanan PBJS akan terus dilakukan. Kepala Bidang Pelayanan Dinas Kesehatan Aceh, drg. Evi Safrida mengatakan, sistem dan kinerja BPJS akan terus ditingkatkan untuk memberikan pelayanan terbaik, termasuk dalam konteks penguatan sosialisasi regulasi. “Sehingga masyarakat memahaminya […]

Read more

Read more

STROKE merupakan suatu penyakit neurologi yang sangat ditakuti. karena jika terkena stroke, maka banyak problem yang akan muncul pada saat serangan maupun setelah serangan stroke terjadi. Problem yang dihadapi penderita stroke bukan hanya kematian, stroke juga dapat mengakibatkan kecacatan fisik dan mental yang berdampak pada sosio-ekonomi. Penderita paska stroke yang menderita kecacatan menjadi tidak mampu […]

Read more