Pengelolaan Manajemen Komplain Berbasis Digital Pada RSUD dr. Zainoel Abidin Tahun 2023
pdf

Keywords

Manajemen
komplain
CojePlain
formulir pengaduan online
RSUDZA

How to Cite

Nurul Sakdah, Ade Rizki Purnama, Amir Hamzah, & Maya, I. (2024). Pengelolaan Manajemen Komplain Berbasis Digital Pada RSUD dr. Zainoel Abidin Tahun 2023. Journal of Medical Science, 5(1), 60–70. https://doi.org/10.55572/jms.v5i1.133

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memaksimalkan pengelolaan Manajemen Komplain pada RSUD dr. Zainoel Abidin Tahun 2023 dan untuk mencapai target Indeks Kepuasan Masyarakat setiap tahunnya. Jenis Penelitian ini adalah penelitian Kualitatif dengan pendekatan Studi Kasus dengan teknik pengambilan sampel secara snowball, di mana penelitian ini ingin memperoleh data pengelolaan manajemen komplain saat ini secara utuh yang diperoleh melalui hasil wawancara, observasi dan arsip untuk selanjutnya dianalisis dan bagaimana rencana tindak lanjut dalam hal pengelolaan manajemen komplain yang lebih baik dengan berbasis digital dalam bentuk sebuah aplikasi. Pengumpulan informasi telah dilakukan dari bulan Juni sampai dengan September  2023 yang selanjutnya telah dilakukan pembuatan prototype aplikasi untuk pengelolaan manajemen komplain, pengambilan sampel dengan menggunakan teknik snowball yang dimulai dari petugas penanggung jawab manajemen komplain sampai dengan bidang/bagian/instalasi yang terkait sehingga menghasilkan sebuah rekomendasi rancangan aplikasi yang akan digunakan. Aplikasi ini dinamakan CojePlain dan telah melalui tahap pengujian dan telah ditanamkan pada website RSUD dr. Zainoel Abidin dan telah dihasilkan Revisi SOP manajemen komplain

https://doi.org/10.55572/jms.v5i1.133
pdf

References

Afnibar, D. (2020). Pemanfaatan WhatsApp Sebagai Media Komunikasi Antara Dosen dan Mahasiswa Dalam Menunjang Kegiatan Belajar. Vol 11 No 1.

Permenkes, (Nomor 13 Tahun 2017) Penanganan Pengaduan Masyarakat Terpadu Di Lingkungan Kementerian Kesehatan tanggal 07 Februari 2017.

Rahardjo & Si. (2017). Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif.

Sri & Subekti, n.d. (2015) Kebijakan dan Manajemen Publik Manajemen Komplain Pelanggan Dalam Rangka Peningkatan Pelayanan di RSUD Dr. Iskak Tulungagung.

Sabeni & Setiamandani. (2020) Pengelolaan Pengaduan Masyarakat Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik.

Santoso & Suwitri, n.d. (2017) Manajemen Pengaduan Masyarakat di Pusat Pengelolaan Pengaduan Masyarakat (P3M) Kota Semarang.

Satria & Priyadi, n.d. (2018) Sistem Manajemen Pengaduan Masyarakat Melalui Lapor! Kemendagri.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Copyright (c) 2024 Nurul Sakdah, Ade Rizki Purnama, Amir Hamzah

Downloads

Download data is not yet available.