Pengaruh Pemberian Ketoprofen Supposituria terhadap Penurunan Intensitas Nyeri saat Pelepasan Kateter Uretra Menetap
PDF

Keywords

kateter
intensitas nyeri
uretra
vesica urinaria
urine kateter
intensitas nyeri
uretra
vesica urinaria
urine

How to Cite

Jufriady Ismy, Andreas, & Yudhi Aulia. (2022). Pengaruh Pemberian Ketoprofen Supposituria terhadap Penurunan Intensitas Nyeri saat Pelepasan Kateter Uretra Menetap. Journal of Medical Science, 3(1), 46–51. https://doi.org/10.55572/jms.v3i1.54

Abstract

Kateter urin adalah selang yang dimasukkan ke dalam kandung kemih untuk mengalirkan urine. Kateter ini biasanya dimasukkan melalui uretra ke dalam kandung kemih. Pemberian ketoprofen digunakan untuk mengurangi intensitas nyeri pada saat pelepasan kateter. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pemberian Ketoprofen pada pasien saat pelepasan kateter urin. Tujuan jangka panjang dari penelitian ini adalah mendapatkan suatu metode intervensi pendukung manajemen nyeri yang dapat dilakukan oleh perawat di ruang rawat bedah sehingga dapat meningkatkan kepuasan pasien terhadap pelayanan yang diberikan. Penelitian ini merupakan penelitian uji klinis (clinical trials) desain paralel. Uji klinis adalah penelitian eksperimental terencana yang dilakukan pada manusia. Peneliti pada penelitian uji klinis akan memberikan perlakuan atau intervensi pada 60 peserta atau subjek penelitian. Terdapat 2 kelompok penelitian yang akan dinilai. Terdapat 30 sampel akan diberikan perlakuan ketoprofen supposituria, dan 30 sampel sebagai kelompok kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik consecutive sampling dengan kriteria inklusi: 1) Pasien diruang rawat bedah dan memakai kateter; 2) masa pemasangan kateter tidak lebih dari 3 hari; 3) pasien diatas 18 tahun; 4) pasien tidak menjalani operasi pada uretra vesica urinaria. Hasil penelitian menggunakan normalitas data menggunakan uji kolmogorov-smirnov menunjukkan bahwa nilai p-value < 0.05 pada masing-masing kelompok, maka dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi tidak normal. Dari analisis uji Mann Whitney ditemukan pengaruh yang signifikan pada pemberian ketoprofen terhadap penurunan skala nyeri (p <0.05). Kami akan mensosialisasikan kepada devisi Bagian Urologi/ KSM Ilmu Bedah RSUDZA/FKUSK untuk menjadikan hasil penelitian ini menjadi standar operasional prosedur (SOP) yang harus di jalankan pada pasien-pasien yang dilakukan pelepasan kateter.

https://doi.org/10.55572/jms.v3i1.54
PDF

References

Treede R, Cohen M, Quintner J, Rysewyk S Van. The International Association for the Study of Pain definition of pain : as valid in 2018 as in 1979 , but in need of regularly updated footnotes. 2018;0:1–3.

Harstall C. Prevalence of Chronic Pain : An Overview Prevalence of chronic pain : an overview. 2015.

Tomohiko O, Kazuyoshi I, Haruaki K. Safety and Pain-relief Efficacy of Urethral Catheter with Local-anesthetic Injection Port. Shinshu Med J 2017;65(6):355–9.

Jufriadi Ismy FR. The Comparison Between Ketoprofen 100 Mg Suppository And Paracetamol 500 Mg Suppositoty In Decreasing Pain Within Urethral Catether Removal. 2012;

Winter M, Manohar P, Appu S MP. Self- reported competence of urethral catheterization in interns. ANZ J Surg 2011;81:534–8.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Copyright (c) 2022 Jufriady Ismy, Andreas, Yudhi Aulia

Downloads

Download data is not yet available.