Tingkat Stres dan Kejenuhan Tenaga Kerja Masa Pandemik COVID-19 RSUD Dr. Zainoel Abidin, Banda Aceh
PDF

Keywords

COVID-19, pandemic, stress, burnout, worker COVID-19, pandemik, stres, kejenuhan, pekerja

How to Cite

Ferry Dwi, K., & Zulfikar, T. (2022). Tingkat Stres dan Kejenuhan Tenaga Kerja Masa Pandemik COVID-19 RSUD Dr. Zainoel Abidin, Banda Aceh. Journal of Medical Science, 3(1), 31–38. https://doi.org/10.55572/jms.v3i1.61

Abstract

Waktu tunggu pelayanan menurut World Health Organization (WHO) merupakan acuan penilaian sistem kerja yang baik dari suatu fasilitas kesehatan. Waktu tunggu obat adalah jumlah waktu mulai pasien menyerahkan resep sampai dengan menerima obat jadi. Farmasi merupakan unit pelayanan terakhir yang akan dikunjungi pasien yang berobat rawat jalan di Rumah Sakit. Standar yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan untuk pelayanan resep non racik adalah 30 menit untuk satu resep, sementara dari hasil evaluasi di depo farmasi rawat jalan tahun 2021 diketahui waktu tunggu pelayanan resep masih di atas standar. Beberapa intervensi untuk menurunkan lamanya waktu tunggu telah dilakukan selama beberapa tahun ke belakang. Namun, intervensi tersebut tidak terdokumentasi dengan baik dan hasil dari intervensi tidak terukur secara jelas, sehingga tidak bisa dijadikan sebagai referensi dalam perbaikan berkelanjutan berikutnya. Penelitian ini merupakan upaya perbaikan yang dilakukan dengan menerapkan konsep lean pharmacy di depo farmasi rawat jalan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode penelitian quasi experimental dengan one group pretest posttest design yang bertujuan untuk menguji perbaikan waktu tunggu dan kepuasan pasien setelah diterapkan konsep Lean pharmacy. Beberapa intervensi diterapkan yaitu merubah tahapan prosedur pelayanan resep pada tahapan awal, memisahkan tanggung jawab petugas berdasarkan kategori jenis resep, menambah unit set komputer untuk resep cito dan eksekutif, merevisi SOP pelayanan resep kronis dan non kronis, memfasilitasi pasien dengan informasi alur pelayanan resep dalam bentuk standing banner dan melakukan sosialisasi perubahan sistem dan motivasi penguatan kinerja kepada staf di depo farmasi rawat jalan. Hasil yang diperoleh pada penelitian waktu tunggu pelayanan resep kronik di Depo Farmasi Rawat Jalan RSUDZA sebelum dilakukan intervensi adalah selama 1 jam 26 menit (86 menit) dan meningkat lebih cepat setelah dilakukannya intervensi menjadi 56 menit (p-value 0,000). Hasil penelitian kepuasan pasien sebelum dilakukan intervensi yaitu waktu tunggu pelayanan resep di depo farmasi rawat jalan terjadi penurunan waktu yang signifikan (p-value 0,000) sebesar 30 menit setelah dilakukan intervensi dengan melakukan rediesign pelayanan farmasi.

https://doi.org/10.55572/jms.v3i1.61
PDF

References

Badan Penanggulangan Bencana Aceh. (2021). Aceh tanggap COVID-19. Retrieved 2021 Nov 11 https://covid19.acehprov.go.id/
Chemali, Z., Ezzeddine, F. L., Gelaye, B., Dossett, M. L., Salameh, J., Bizri, M., . . . Fricchione, G. (2019). Burnout among healthcare providers in the complex environment of the Middle East: a systematic review. BMC Public Health, 19(1), 1337. doi:10.1186/s12889-019-7713-1
Clinchamps, M., Auclair C Fau - Prunet, D., Prunet D Fau - Pfabigan, D., Pfabigan D Fau - Lesage, F.-X., Lesage Fx Fau - Baker, J. S., Baker Js Fau - Parreira, L., . . . Dutheil, F. (2021). Burnout Among Hospital Non-Healthcare Staff: Influence of Job Demand-Control-Support, and Effort-Reward Imbalance. J Occup Environ Med., ;63(1):e13-e20. (1536-5948 (Electronic)). doi:doi:10.1097/JOM.0000000000002072
Couarraze, S., Delamarre, L., Marhar, F., Quach, B., Jiao, J., Aviles Dorlhiac, R., . . . Dutheil, F. (2021). The major worldwide stress of healthcare professionals during the first wave of the COVID-19 pandemic - the international COVISTRESS survey. PLoS One, 16(10), e0257840. doi:10.1371/journal.pone.0257840
Dewinta, F., Yoesoef, A., & Nurasiah, N. (2017). Perkembangan Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Zainoel Abidin Tahun 1979-2016. J Ilm Mhs Pendidik Sej, 2(2), 67-76.
Di Giuseppe, M., Nepa, G., Prout, T. A., Albertini, F., Marcelli, S., Orru, G., & Conversano, C. (2021). Stress, Burnout, and Resilience among Healthcare Workers during the COVID-19 Emergency: The Role of Defense Mechanisms. Int J Environ Res Public Health, 18(10). doi:10.3390/ijerph18105258
Dinas Kesehatan Pemerintah Aceh. (2021). RSUDZA nyaris penuh, pasien COVID-19 lampaui puncak kurva tahun lalu. Retrieved 2021 Nov 11 https://dinkes.acehprov.go.id/news/read/2021/05/14/755/rsudza-nyaris-penuh-pasien-covid-19-lampaui-puncak-kurva-tahun-lalu.html
Kanda, Y. (2013). Investigation of the freely available easy-to-use software 'EZR' for medical statistics. Bone Marrow Transplant, 48(3), 452-458. doi:10.1038/bmt.2012.244
Kementrian Kesehatan RI. (2021). Dashboard COVID-19. Retrieved 2021 Nov 11 https://infeksiemerging.kemkes.go.id/dashboard/covid-19
Morgantini, L. A., Naha, U., Wang, H., Francavilla, S., Acar, Ö., Flores, J. M., . . . Weine, S. M. (2020). Factors contributing to healthcare professional burnout during the COVID-19 pandemic: A rapid turnaround global survey. PLoS One, 15(9), e0238217. doi:10.1371/journal.pone.0238217
Oei, T. P., Sawang S Fau - Goh, Y. W., Goh Yw Fau - Mukhtar, F., & Mukhtar, F. Using the Depression Anxiety Stress Scale 21 (DASS-21) across cultures. (1464-066X (Electronic)).
Reis, D., Xanthopoulou, D., & Tsaousis, I. (2015). Measuring job and academic burnout with the Oldenburg Burnout Inventory (OLBI): Factorial invariance across samples and countries. Burnout Research, 2(1), 8-18. doi:https://doi.org/10.1016/j.burn.2014.11.001
Talaee, N., Varahram, M., Jamaati, H., Salimi, A., Attarchi, M., Kazempour Dizaji, M., . . . Seyedmehdi, S. M. (2020). Stress and burnout in health care workers during COVID-19 pandemic: validation of a questionnaire. Zeitschrift fur Gesundheitswissenschaften = Journal of public health(2198-1833 (Print)), 1-6. doi:10.1007/s10389-020-01313-z
Tuna, R., & Baykal, U. (2014). The relationship between job stress and burnout levels of oncology nurses. Asia-Pacific journal of oncology nursing, 1(1), 33-39. doi:10.4103/2347-5625.135818
Worldometer. (2021). COVID-19 Coronavirus Pandemic. Retrieved 2021 Nov 11 https://www.worldometers.info/coronavirus/
Yildirim, M., Cicek, I., & Sanli, M. E. (2021). Coronavirus stress and COVID-19 burnout among healthcare staffs: The mediating role of optimism and social connectedness. Current psychology (New Brunswick, N.J.), 1-9. doi:10.1007/s12144-021-01781-w
Zhang, S. X., Liu, J., Afshar Jahanshahi, A., Nawaser, K., Yousefi, A., Li, J., & Sun, S. (2020). At the height of the storm: Healthcare staff's health conditions and job satisfaction and their associated predictors during the epidemic peak of COVID-19. (1090-2139 (Electronic)).
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Copyright (c) 2022 Kurniawan Ferry Dwi, Teuku Zulfikar

Downloads

Download data is not yet available.