KEBERSIHAN dan higienitas merupakan poin utama dalam proses memasak, dengan bahan bahan baku makanan yang terseleksi ketat sehingga terjamin kesegarannya. Para petugas masak juga dilengkapi alat pelindung diri. Makanan sehat, yang meru pakan sumber nutrisi akan memberikan energi untuk men dapatkan kesembuhan bagi para pasien. Begitupun, dalam menuntun pasien menuju kesembuhan diperlukan pemenuhan kebutuhan gizi […]

Read more

UNTUK melakukan tugas dan seluruh tahapan pengolahan sampai distribusi makanan bagi pasien dan pegawai, adalah wewenang bagian Instalasi Gizi. Ada dua ahli gizi ditempatkan, satu konsentrasi pada pengolahan sampai distribusi makanan, sedangkan satu lagi khusus menangani higiene sanitasi makanan. Para ahli gizi itu, ditugas kan untuk mengawasi dan memperhatikan secara detail dan ketat kualitas ba […]

Read more

PELAYANAN bermutu ter nyata tidak hanya ditunjukkan karyawan lini depan Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin (RSUDZA) Banda Aceh. Tim gizi dan dapur juga berperan penting dalam menyiapkan makanan enak, sehat dan higienis kepada pasien. Dalam sehari, Tim Gizi RSUDZA menyiapkan tiga kali makanan utama dan dua kali cemilan kepada semua pasien. Orang paling […]

Read more

ADA kesibukan yang luar biasa di instalasi gizi RSUDZA Banda Aceh menjelang siang. Para pekerja dengan disiplin dan penuh ketelitian mempersiapkan berbagai menu untuk pasien dengan beragam penyakit. Mereka harus mempersiapkan menu untuk pasien di ruangan biasa hingga yang luar biasa di ruangan VIP dan kadang VVIP. Tiap hari harus mempersiapkan menu berbeda dan snack […]

Read more

MANUSIA sesuai kodratnya, membutuhkan berbagai zat gizi untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh. Zat gizi adalah bahan kimia yang terdapat dalam bahan pangan yang dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan energi, membangun dan memelihara jaringan, serta mengatur proses kehidupan. Tidak hanya orang sehat yang membutuhkan gizi melainkan juga pasien yang berada di rumah sakit. Kebutuhan gizi […]

Read more

ANGGAPAN akan menu ma­ ka nan di rumah sakit itu tidak enak, kerap terlintas da lam pikiran setiap pasien, padahal enak menurut pasien belum tentu baik dan sesuai untuk kondisi kesehatannya. Anggapan tersebut seha­ rusnya sudah harus jauh­jauh dibuang dibenak semua pasien dan masyarakat. Kesem­ buhan pasien bukan hanya ditentukan oleh pelayanan obat­obatan atau keperawatan, […]

Read more

BERBAGAI terobosan dan inovasi serta pem benahan untuk memberikan ke nyamanan bagi masyarakat yang datang berobat, terus menjadi prioritas perhatian. Untuk perbaikan layanan di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin (RSUDZA) Banda Aceh. Termasuk di dalamnya terkait dengan hygiene dan sanitasi lingkungan rumah sakit, serta penyediaan air bersih yang memenuhi syarat sesuai standar kesehatan […]

Read more

UNDANG-Undang Kesehatan No 44 tahun 2009 pasal 40 ayat 1 menyatakan bahwa dalam upaya pening katan mutu pelayanan Rumah Sakit, akreditasi wajib dilakukan secara berkala. Jangka waktunya minimal 3 tahun sekali. Dengan semakin kritisnya masyarakat Indonesia dalam menilai mutu pelayanan kesehatan, maka Kementerian Kesehatan RI khususnya Direktorat Jenderal Bina Upaya Kesehatan memilih dan menetapkan sistem […]

Read more

KUALITAS sebuah rumah sakit tidak hanya ditentukan dari bangunan megah, dokter dan tenaga medis berpengalaman, serta alat penunjang kesehatan serba canggih. Namun juga dari kualitas pelayanan yang diberikan kepada masyarakat. Salah satu tolak ukur untuk melihat sebuah rumah sakit memiliki pelayanan prima adalah lulus akreditasi. Meski kini Rumah Sakit Umum Daerah dr Zainoel Abidin (RSUDZA) […]

Read more

MANAJEMEN Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin (RSUDZA) Banda Aceh baru saja melaksanakan Cerdas Tangkas dalam memperebutkan piala orang nomor satu di lingkungan rumah sakit tersebut. Kegiatan cerdas tangkas yang dilakukan dan ikut melibatkan semua bidang dan unit di rumah sakit tersebut, merupakan bagian dari uji langsung serta UNTUK membangun semangat kerja serta kebersamaan. […]

Read more