RSUDZA Raih Nilai Tertinggi Nasional, Terima Penghargaan Pelayanan Prima 2024

Admin 2025-07-30 12:00:00

Banda Aceh, 30 Juli 2025 — Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin (RSUDZA) Banda Aceh kembali menorehkan prestasi membanggakan dalam bidang pelayanan publik. Dalam acara Penyerahan Piagam Penghargaan Hasil Pemantauan dan Evaluasi Penyelenggaraan Pelayanan Publik (PEKPPP) Tahun 2024 yang diselenggarakan pada Rabu, 30 Juli 2025 di Gedung Serbaguna Sekretariat Daerah Aceh, RSUDZA menerima Predikat “Pelayanan Prima” dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (KEMENPAN RB).

Piagam penghargaan diserahkan langsung oleh Asisten Administrasi dan Umum Setda Aceh, Muhammad Diwarsyah, M.Si, kepada Direktur RSUDZA, dr. Isra Firmansyah, Sp.A, Ph.D, FISQua, sebagai bentuk apresiasi atas prestasi gemilang RSUDZA dalam menyelenggarakan pelayanan publik yang berkualitas, responsif, dan berorientasi pada kepuasan masyarakat.

RSUDZA dinilai sebagai salah satu organisasi penyelenggara pelayanan publik terbaik di Indonesia berdasarkan hasil evaluasi KEMENPAN RB Tahun 2024. Penilaian tersebut merupakan bagian dari upaya nasional untuk mendorong peningkatan kualitas layanan publik di seluruh instansi pemerintahan, khususnya di tingkat daerah.

Dalam sambutannya, Muhammad Diwarsyah, M.Si selaku Asisten Administrasi dan Umum Setda Aceh yang juga membuka acara secara resmi, menyampaikan apresiasi tinggi kepada seluruh instansi yang telah berkomitmen dalam meningkatkan mutu layanan. Ia juga menyebutkan bahwa Provinsi Aceh dan Bali menjadi dua provinsi dengan Nilai Indeks Pelayanan Publik (IPP) tertinggi se-Indonesia, yakni sebesar 4,65 dengan kategori A (Pelayanan Prima).

Acara ini juga dihadiri oleh perwakilan dari Kementerian PANRB, yakni Asisten Deputi Fasilitasi, Pemantauan dan Evaluasi Pelayanan Publik, Dr. R.R. Vera Yuwantari Susilastuti, S.IP, M.Si, yang menyampaikan bahwa kegiatan PEKPPP bertujuan untuk memberikan pembinaan dan dorongan kepada instansi pemerintah agar senantiasa memperbaiki dan menyempurnakan sistem pelayanan publik yang humanis dan berbasis pada kebutuhan masyarakat.

Keberhasilan RSUDZA dalam meraih penghargaan ini menjadi bukti nyata dari komitmen rumah sakit dalam mewujudkan transformasi layanan yang lebih baik, transparan, dan profesional demi mendukung visi Pemerintah Provinsi Aceh dalam menghadirkan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan berkeadilan.

“Penghargaan ini menjadi pemacu semangat kami untuk terus meningkatkan mutu pelayanan dan menempatkan pasien sebagai pusat dari semua proses pelayanan,” ujar dr. Isra Firmansyah dalam kesempatan terpisah.

RSUDZA akan terus berinovasi dan berbenah dalam menjawab harapan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang modern dan terpercaya.