RSUDZA Raih Nilai Tertinggi Nasional, Terima Penghargaan Pelayanan Prima 2024

Banda Aceh, 30 Juli 2025 — Rumah Sakit Umum Daerah
dr. Zainoel Abidin (RSUDZA) Banda Aceh kembali menorehkan prestasi membanggakan
dalam bidang pelayanan publik. Dalam acara Penyerahan Piagam Penghargaan Hasil
Pemantauan dan Evaluasi Penyelenggaraan Pelayanan Publik (PEKPPP) Tahun 2024
yang diselenggarakan pada Rabu, 30 Juli 2025 di Gedung Serbaguna Sekretariat
Daerah Aceh, RSUDZA menerima Predikat “Pelayanan Prima” dari Kementerian
Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia
(KEMENPAN RB).
Piagam penghargaan diserahkan
langsung oleh Asisten Administrasi dan Umum Setda Aceh, Muhammad Diwarsyah, M.Si,
kepada Direktur
RSUDZA, dr. Isra Firmansyah, Sp.A, Ph.D, FISQua, sebagai bentuk
apresiasi atas prestasi gemilang RSUDZA dalam menyelenggarakan pelayanan publik
yang berkualitas, responsif, dan berorientasi pada kepuasan masyarakat.
RSUDZA dinilai sebagai salah
satu organisasi penyelenggara pelayanan publik terbaik di Indonesia berdasarkan
hasil evaluasi KEMENPAN RB Tahun 2024. Penilaian tersebut merupakan bagian dari
upaya nasional untuk mendorong peningkatan kualitas layanan publik di seluruh
instansi pemerintahan, khususnya di tingkat daerah.
Dalam sambutannya, Muhammad Diwarsyah,
M.Si selaku Asisten Administrasi dan Umum Setda Aceh yang juga
membuka acara secara resmi, menyampaikan apresiasi tinggi kepada seluruh
instansi yang telah berkomitmen dalam meningkatkan mutu layanan. Ia juga
menyebutkan bahwa Provinsi Aceh dan Bali menjadi dua provinsi dengan Nilai Indeks
Pelayanan Publik (IPP) tertinggi se-Indonesia, yakni sebesar 4,65
dengan kategori
A (Pelayanan Prima).
Acara ini juga dihadiri oleh
perwakilan dari Kementerian PANRB, yakni Asisten Deputi Fasilitasi, Pemantauan dan Evaluasi
Pelayanan Publik, Dr. R.R. Vera Yuwantari Susilastuti, S.IP, M.Si,
yang menyampaikan bahwa kegiatan PEKPPP bertujuan untuk memberikan pembinaan
dan dorongan kepada instansi pemerintah agar senantiasa memperbaiki dan
menyempurnakan sistem pelayanan publik yang humanis dan berbasis pada kebutuhan
masyarakat.
Keberhasilan RSUDZA dalam
meraih penghargaan ini menjadi bukti nyata dari komitmen rumah sakit dalam
mewujudkan transformasi layanan yang lebih baik, transparan, dan profesional
demi mendukung visi Pemerintah Provinsi Aceh dalam menghadirkan pelayanan kesehatan
yang berkualitas dan berkeadilan.
“Penghargaan
ini menjadi pemacu semangat kami untuk terus meningkatkan mutu pelayanan dan
menempatkan pasien sebagai pusat dari semua proses pelayanan,” ujar dr. Isra Firmansyah
dalam kesempatan terpisah.
RSUDZA akan terus berinovasi
dan berbenah dalam menjawab harapan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan
yang modern dan terpercaya.