Knowledge Enhancement: Peran Edukasi Perawat Tentang Terapi Insulin Terhadap Kepatuhan Menggunakan Insulin pada Pasien Diabetes Melitus Rawat Inap
PDF

How to Cite

Firdausa, S., Zufry, H., Sukri Ekadamayanti, A. ., Suhanda, R., & Wardhana Sucipto, K. . (2023). Knowledge Enhancement: Peran Edukasi Perawat Tentang Terapi Insulin Terhadap Kepatuhan Menggunakan Insulin pada Pasien Diabetes Melitus Rawat Inap. Journal of Medical Science, 4(2), 56–70. https://doi.org/10.55572/jms.v4i2.76

Abstract

Penanganan diabetes di ruang rawat inap lebih kompleks dan intensif dibanding rawat jalan. Kebanyakan pasien rawat inap menggunakan terapi insulin. Perawat ruangan adalah tenaga kesehatan garda depan yang intensif berhadapan dengan pasien sehingga sangat potensial menjadi edukator dalam maintenance terapi insulin. Penelitian ini bertujuan meningkatkan kapasitas pengetahuan dan keterampilan perawat serta mengevaluasi kepatuhan pasien diabetes menggunakan insulin setelah keluar dari rawat inap. Pengetahuan perawat dievaluasi melalui kuesioner sebelum intervensi knowledge enhancement berupa workshop insulin. Pengumpulan sampel penelitian cross sectional ini secara total sampling yaitu seluruh perawat ruang rawat inap non akut di RSUDZA selama Agustus−September 2022. Objek penelitian adalah pasien diabetes yang menggunakan insulin selama perawatan di rumah sakit.  Data karakteristik responden, pengetahuan, asuhan keperawatan dan kepatuhan pasien ditampilkan secara deskriptif, untuk menilai kepatuhan pasien sebelum dan sesudah intervensi digunakan analisis independent t-test. Jumlah responden yang berpartisipasi 354 orang, 50,8% memiliki tingkat pengetahuan baik, namun hanya 29,7% berketerampilan baik dalam hal injeksi insulin. Berdasaran hasil asesmen tersebut, dilakukan workshop insulin untuk menjawab gap pengetahuan dan keterampilan. Kepatuhan pasien diukur sebelum dan sesudah workshop. Pasien dengan kepatuhan tinggi sebanyak 44,4% sebelum intervesi dan 40% sesudah intervensi, sedangkan pasien dengan tingkat kepatuhan rendah berkisar di atas 20% baik sebelum maupun sesudah intervensi. Studi ini menyimpulkan bahwa knowledge enhancement terhadap perawat ruang inap tidak berpengaruh terhadap kepatuhan pasien menggunakan insulin. Hal ini mungkin disebabkan peningkatan kapasitas perawat tentang injeksi insulin tidak menjamin terjadinya peningkatan edukasi perawat terhadap pasien, dan belum membudayanya edukasi terapi insulin yang komprehensif terhadap pasien yang dirawat inap.

https://doi.org/10.55572/jms.v4i2.76
PDF

References

Adhikari, S., Poudel, R. S., Rajbanshi, L. & Shrestha, S. 2018. Assessment of insulin injection practice of nurses working in a tertiary healthcare center of Nepal. Nursing Research and Practice, 2018.

Almadhoun, M. & Alagha, H. 2018. Assessment of medication adherence and its association with glycemic control among type-2 diabetes mellitus patients in gaza–palestine. Clin. Exp. Pharmacol, 3, 1-10.

Alotaibi, A., Gholizadeh, L., Al‐Ganmi, A. H. A. & Perry, L. 2018. Factors influencing nurses’ knowledge acquisition of diabetes care and its management: A qualitative study. Journal of clinical nursing, 27, 4340-4352.

Bain, A., Kavanagh, S., McCarthy, S. & Babar, Z.-U.-D. 2019. Assessment of insulin-related knowledge among healthcare professionals in a large teaching hospital in the United Kingdom. Pharmacy, 7, 16.

Bowen, J. F., Rotz, M. E., Patterson, B. J. & Sen, S. 2017. Nurses’ attitudes and behaviors on patient medication education. Pharmacy Practice (Granada), 15.

Derr, R. L., Sivanandy, M. S., Bronich-Hall, L. & Rodriguez, A. 2007. Insulin-related knowledge among health care professionals in internal medicine. Diabetes Spectrum, 20, 177-185.

Firdausa, S., Irwansyah, I., Ariani, R. & Nadya, A. 2021. Efek Edukasi Tatap Muka versus Media Dalam Inisiasi Insulin Terhadap Pengetahuan dan Kualitas Hidup Pasien DMT2 di Masa Pandemi Covid-19. Journal of Medical Science, 2, 79-87.

Forum for Injection Technique 2017. Pedoman Teknik Menyuntik Insulin Jakarta, FIT odc.

Frid, A. H., Kreugel, G., Grassi, G., Halimi, S., Hicks, D., Hirsch, L. J., Smith, M. J., Wellhoener, R., Bode, B. W. & Hirsch, I. B. New insulin delivery recommendations. Mayo Clinic Proceedings, 2016. Elsevier, 1231-1255.

Indonesia, P. E. 2021. Pedoman Pengelolaan Dan Pencegahan Diabetes Mellitus Tipe 2 Dewasa Di Indonesia 2021. Jakarta: Perkumpulan Endokrinologi Indonesia.

Levich, B. R. 2011. Diabetes management: optimizing roles for nurses in insulin initiation. Journal of multidisciplinary healthcare, 4, 15.

Modic, M. B., Vanderbilt, A., Siedlecki, S. L., Sauvey, R., Kaser, N. & Yager, C. 2014. Diabetes management unawareness: what do bedside nurses know? Applied Nursing Research, 27, 157-161.

Nikitara, M., Constantinou, C. S., Andreou, E. & Diomidous, M. 2019. The role of nurses and the facilitators and barriers in diabetes care: a mixed methods systematic literature review. Behavioral sciences, 9, 61.

Riani, D. A. 2017. Validasi 8-item Morisky Medication Adherence Scale versi Indonesia pada pasien hipertensi dewasa di puskesmas kabupaten Sleman dan kota Yogyakarta. Universitas Gadjah Mada.

Robb, A., Reid, B. & Laird, E. A. 2017. Insulin knowledge and practice: a survey of district nurses in Northern Ireland. British Journal of Community Nursing, 22, 138-145.

Tahmidaten, L. & Krismanto, W. 2020. Permasalahan budaya membaca di Indonesia (Studi pustaka tentang problematika & solusinya). Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10, 22-33.

Viviandhari, D., Wulandari, N. & Rahmi, N. 2021. Booklet handout to improve glycemic control in type-2-DM patients and comparison with other models. Pharmaciana, 11, 69-80.

Wibisono, S., Soetmadji, D. W., Pranoto, A., Mardianto, Shahab, A., Karimi, J., Tarigan, T. J. E., Pemanyun, T. G. D., Pramono, R. B. & Fajari, N. M. 2021. Petunjuk Praktis: Terapi Insulin Pada Pasien Diabetes Melitus, Jakarta, PB. PERKENI.

Wu, X., Zhao, F., Zhang, M., Yuan, L., Zheng, Y., Huang, J., Li, Y. & Li, C. 2021. Insulin Injection Knowledge, Attitudes, and Practices of Nurses in China: A Cross-Sectional Nationwide Study. Diabetes Therapy, 12, 2451-2469.

Young, J. L. 2011. Educating staff nurses on diabetes: knowledge enhancement. Medsurg Nursing, 20, 143.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Copyright (c) 2023 Sarah Firdausa, Hendra Zufry, Agustia Sukri Ekadamayanti, Rachmad Suhanda, Krishna Wardhana Sucipto

Downloads

Download data is not yet available.